Supply Chain Management

Supply Chain Management Bagi Pelaku Usaha

Supply chain management bagi para pelaku usaha mulai dari skala mikro, hingga perusahaan besar merupakan hal yang tidak boleh untuk menyepelekannya.  Efektivitas produksi bagi perusahaan manufaktur bisa berdampak besar bagai terhadap biaya overhead.  Semakin efisen proses produksi menjadikan tidak membuang ongkos yang terlalu besar bagi perusahaaan.

Arti Penting Supply chain management

Supply chain managemen  adalah rantai pasokan di mana barang mulai dari bahan baku sampai proses produksi sampai ke tangan konsumen. Proses tersebut sangat rumit dan panjang yakni mengenai proses mendapatkan bahan baku, pengolahan.  proses kemasan atau packaging produk dan distribusi.  Proses panjang supplay chain management sangat berkaitan dalam prosesnya, sehingga setiap fase suppya chain tidak sesauai dengan SOP perusahaan maka hasilnya akan tidak akan optimal.

Efektivitas supplay chain  suatu produk juga  ditentukan oleh quality control.  Dalam proses supplay chain management melibatakan  lintas divisi suatu perusahaan.  Adanya integrasi antar divisi membuat rantai pasokan produksi bisa membuat keputusan yang lebih akurat.  Adanya digitalisasi tekonologi bisa membantu dalam membuat keputusan, yakni  sistem informasi  yang sudah terintegrasi.

Kompenen  rantai pasokan management

Kompenen- kompenan yang saling berkaitan dalam supplay chain management yakni sebagai berikut:

  • Akomodasi perusahaan

Akomodasi  perusahaan yakni  fasilitas yang perusahaan berikan untuk mendukung projek ini.  Pemilihan lokasi  pabrik  dan gudang yang tepat secara geografis bisa menunjang efektivitas rantai pasokan.  Hal tersebut bisa berdampak pada biaya pengiriman bahan baku dan  produk jadi, sehingga pemilihan  lokasi sangat berpengaruh terhadap terhadap biaya pengiriman.

  • Supplayer atau Pemasok

Pemasok atau supplayer untuk memenuhi kebutuhan bahan baku mempunyai peran yang signifikan untuk menentukan kualitas produk.   Pemilihan harga dan kualitas bahan baku  bisa membawa pengaruh yang sangat besar terhadap hasil akhir, karena berpengaruh  secara langsung terhadap kualitas dan harganya. Selain bahan baku yang harus diperhatikan yakni pemilihan suplayer cetak kemasan produk. Kemasan produk membawa andil yang besar supaya produk terlihat lebih menarik dan kualitas produk tidak berubah sampai di tangan konsumen. Misal desain kemasan kopi dibuat seperti produk starbucks.

Cetak Kemasan
Cetak Kemasan

Baca juga : Cetak Kemasan Bali Rekomended 

  • Proses produksi

Proses produksi merupakan hal yang sangat penting menentukan kualitas  produk anda.  Efektivitas produksi yang tepat sehingga tidak menimbulkan residu, sehingga penggunaan bahan baku bisa lebih tepat guna.

  • Sistem Informasi yang akurat

Sistem informasi  akurat yang sudah terintegrasi dengan semua divisi, yakni purcasing, keuangan, pemasan dan produksi bisa membauat keputusan yang tepat.   Antara lain yang bersingungan langsung yakni  harga bahan baku, trand pasar, cash flow perusahaan,  dan data penjulan.  Pengambilan keputusan yang tepat membuat keputusan manajerial perusahaan lebih tertata.

  • Penyimpanan Barang

Penyimpanan barang juga berpengaruh yang menjadi tingkat efektivitas yakni mengenani siklus per putaran barang. Semakin lama penyimpanan barang menunjukkan manajemen inventory tidak berjalan dengan tepat. Lamanya penyimpanan barang di gudang membuat biaya menjadi membengkak.

  • Harga Produk

Harga produk akan ditentukan dari semua proses di atas yang telah berjalan. Semakin efisien  produk anda bisa membuat harga produksi menjadi lebih murah, sehingga bisa menentukan harga pasaran.

Good corporate governance

Kompenen-kompenen suplay chain di atas tadi para pelaku usaha suapaya bisa membentuk good corporate governance perlu memperhatikan langkah detailnya.  Kesalahan keputusan manajerial terkait stok, pemilihan kemasan produk dan kualitas barang  bisa berbuntut panjang terhadap eksistensi perusahaan.  Perusahaan  yang survive dalam kurun waktu yang panjang pasti memperhatikan detail setiap langkah- langkah yang mereka putuskan.Bagai yang sedang mereintis usaha sebaiknya juga belajar dari hal-hal yang detail, dari perusahaan yang sudah mapan, apalagi untuk bisnis yang suadah menjadi kebutuhan pokok masyarakat  jangan sampai  too big to fail. 

Kegagalan suatu entetitas bisnis yang besar , too big to fail,  bisa membawa dampak yang buruk bagi perekonomian secara makro.  Penerapan Supply chain management akan membantu perusahaan untuk mebuat tata kelola yang baik.  Sehingga setiap keputusan manajerial bisa lebih terukur dan tereksekusi dengan baik sesuai dengan kenyataan  di lapangan.

Baca juga :  Peluang usaha di masa pandemi 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

jasacetakkemasan.com
Open chat
Hai Admin
Ada yang Bisa kami Bantu?