Manajemen persediaan

Manajemen Persediaan dan Penerapanya

Manajemen persediaan bagi perusahaan yang sudah mempunyai size menengah ke  atas  harus menerapkan secara disiplin.  Ketika perusahaan tidak bisa mengatur stock,  persediaan bahan baku atau barang yang suadah jadi bisa menyebabkan kinerja perusahaan menjadi kurang efektif.  Untuk perusahaan yang sudah membuanyai klien ataupun konsumen yang jumlahnya  sudah banyak mengatur hal tersebut supaya supplay chain management  perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Manajemen persediaan adalah proses penentuan untuk mengatur jumalah persediaan entah berupa bahan baku, barang setengah jadi, atau pun barang jadi. Penyimpanan barang tersbut tujuannya untuk dijual ataupun untuk proses produksi. Ketika penentuan manajemen inventory kacau maka proses produksi atau penjualan bisa  terhambat. Penentuan  manajmen inventory yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah, entah kelebihan ataupun kekurangan.

Ketika penentuan manajemen inventory  meseleset menyebabkan banyaknya barang untuk disimpan. Maka akan menambah biaya penyimpanan barang,  untuk risiko yang lainya yakni bahan baku yang disimpan mempunyai resiko  mengalami kerusakan.  Ada beberapa karakteristok bahan baku yang mempunai usia simpan yang pendek.  Kesalahan pengalokasiaan stock membuat  bahan baku rusak dan menimbulkan  kerugian bagi perusahaan.

Jenis  persediaan perusahaan yang secara umum harus perusahaan antara lain dalam manajamen inventori yakni:

  • Manajemen Persediaan alat penunjang administrasi perusahaan

Penunjang alat administrasi juga sangat penting mempersiapkanya, misalkan tinta, kertas,  dan penunjang kerja untuk bagaian administarif atau officer perusahan.

  • Manajemen Persediaan bahan baku

Persedian  bahan baku merupakan  item yang menyedot biaya overhed yang paling besar, terlebih untuk perusahaan manufaktur atau perusahaan cosumer goods. Alokasi  bahan baku cukup banyak menyedot  biaya. Kesalahan estimasi  maka  menyebabkan biaya produksi bisa membengkak. Bahan baku sendiri terbagi menjadi dua macam:

  1. Bahan Baku langsung,  yakni bahan baku yang langsung berhubungan dnegan produk. Jadinya jenis bahan baku ini merupakan inti dari produk jadi.
  2. Bahan baku tidak langsung yakni bahan baku yang tidak berperan langsung terhadap produk tetapi perananya sangat tinggi. Misalnya cetak kemasan produk, Kemasan produk tidak berperan langsung tetapi membuat produk menjadi lebih menarik.
Manajemen inventori
Manajemen inventori
  • Manajemen Bahan baku setengah jadi

Persediaan barang setengah jadi yakni bahan baku yang disediakan untuk proses selanjutnya, jadinya untuk proses selanjutnya.

  • Persediaan barang jadi

Jenis persediaan  barang jadi yakni untuk proses yang suadah siap untuk dijual ke konsumen.  Penentuan persediaan barang jadi harus menyesuaikan dengan permintaan pasar, sehingga produk tidak menumpuk di gudang.

Penentuan menajemen pesediaan atau manajemen inventori yang tepat dapat memangkas biaya belanja,   karena apabila frekuensi belanja ritel atau eceran tinggi,  maka harga menjadi semakain mahal.  Tetapi ketika purchasing membelanjakan produk grosir maka, akan mendapatkan harga yang murah.  Seperti halnya dalam hal cetak kemasan produk, ketika anda pesan kemasan produk dengan volume yang tinggi maka akan mendapatkan haraga yang lebih murah. Dalam penerapan manajemen inventori yang tepat dapat mengurangi belanja eceran. Kebutuhan permintaan dan penawaran yang terukur bisa membuat penerapan manajemen inventori  bisa berjalan dengan efektif.

Pengunaan manajemen inventori yang tepat bisa menunjang efisensi biaya produksi terlebih jika perusahaan suadah menjamah  ke pasar global.  Ketika suadah merambah ke  pasar ekspor dari semua lini perlu diperbaiki.  Dalam hal desain  kemasan ekspor juga sangat  menunjang  dan menuntukan nilai jual sebuah produk.  Ketika anda membidik pasar premium tetapi produk anda tidak bisa  memosikan ke produk premium maka hal tersebut akan menjadi lebih susah.  Untuk itu dalam membuat kemasan menarik desaian kemasan dan kulitas kemuasan sangat penting untuk anda perhatikan. Pentingnya efisiensi perusahaan diharuskan dari hulu dan hilir.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

jasacetakkemasan.com

Open chat
Hai Admin
Scan the code
Ada yang Bisa kami Bantu?